Otak adalah salah satu organ paling penting dari tubuh manusia yang dapat mengendalikan semua sistem dalam tubuh. Karena hal tersebut, Anda harus selalu menjaga kesehatan otak anak sehingga fungsi tubuh mereka berjalan dengan baik. Salah satu cara menjaga kesehatan otak adalah dengan memberikan nutrisi otak anak yang tepat. Omega 3 merupakan nutrisi otak yang tidak boleh Anda lewatkan.

Omega 3 sendiri adalah asam lemak tak jenuh yang hanya bisa didapatkan dari luar tubuh saja. Ada dua jenis asam omega 3 yaitu DHA dan EPA yang banyak ditemukan dalam otak manusia. Karena tidak bisa diproduksi oleh tubuh, omega 3 bisa didapatkan melalui makanan seperti tuna, salmon, dan makarel. Jika mengonsumsi makanan-makanan tersebut, si Kecil bisa mendapatkan manfaat berikut ini:

nutrisi otak anak
nutrisi otak anak

Meningkatkan Kesehatan Otak

Manfaat omega 3 yang pertama adalah mampu meningkatkan kesehatan otak anak. Sebuah penelitian yang pernah dilakukan membuktikan bahwa omega 3 mampu memperbaiki suasana hati dan meningkatkan fungsi otak anak, khususnya daya ingat, kemampuan belajar, dan perkembangan otak.

Tidak hanya itu saja, omega 3 juga mampu menurunkan risiko depresi yang mungkin terjadi pada anak-anak. Selain ikan, omega 3 juga bisa didapatkan dari biji rami. Campurkan dengan smoothie, kue, puding, atau sup agar si Kecil menyukainya.

Mengurangi Gejala ADHD

ADHD atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder merupakan kondisi medis yang terjadi pada anak dimana menyebabkan anak tersebut menjadi impulsif, hiperaktif, dan sulit fokus sehingga kecerdasan otaknya berkurang. Omega 3 diketahui mampu meredakan gejala-gejala ADHD yang biasa terjadi pada anak hiperaktif tersebut.

Omega 3 yang bisa didapatkan dari makanan maupun suplemen terbukti mampu meningkatkan daya ingat, menjaga konsentrasi, mempermudah proses belajar, dan meredakan perilaku yang impulsif. Berikan si Kecil asupan omega 3 yang seimbang agar kemampuan dan kecerdasan otaknya kembali baik.

Membantu Perkembangan Kognitif

Beberapa studi yang pernah dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa omega 3 mampu meningkatkan perkembangan kognitif anak. Beberapa hal yang dipengaruhi yaitu tingkat fokus, koordinasi gerak, keterampilan sosial, hingga skor tes kecerdasan. 

Anak yang lahir dari ibu yang mengonsumsi suplemen omega 3 juga memiliki nilai akademis yang lebih tinggi dibandingkan ibu yang tidak mengonsumsinya. Selain itu, anak yang menerima asupan omega 3 sesuai kebutuhannya mampu membaca dengan lebih baik dibandingkan mereka yang tidak mendapatkannya.

Membantu Memperbaiki Sel Otak Baru

EPA dan DHA yang terkandung di dalam omega 3 berfungsi untuk mencegah terbentuknya plak di pembuluh darah. Dengan begitu, aliran darah yang menuju otak akan lancar sehingga pembentukan sel otak baru yang berpengaruh terhadap kecerdasan berjalan lancar. Penelitian yang dilakukan di Inggris menunjukkan bahwa omega 3 juga terlibat secara langsung dalam banyak proses pembentukan otak.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat omega 3 yang terakhir adalah meningkatkan kualitas tidur pada anak. Mungkin Anda sudah tahu bahwa tidur merupakan waktu yang penting bagi si Kecil. Paling tidak mereka harus memiliki waktu tidur sebanyak 9-11 jam sehari, sesuai usianya. Apabila kualitas tidur si Kecil meningkat maka mereka akan lebih berkonsentrasi di pagi hari.

Itulah manfaat omega 3 yang merupakan salah satu nutrisi otak anak yang penting untuk Anda penuhi. Berikan makanan yang mengandung omega 3 sesuai kebutuhan si Kecil karena setiap usia memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Jangan lupa juga untuk memberikan stimulasi agar perkembangan otak mereka semakin maksimal.