Kekurangan darah atau anemia terjadi apabila sel darah merah di dalam tubuh menurun. Pada umumnya, bayi mengalami anemia karena kekurangan zat besi. Beberapa gejala yang muncul yaitu terlihat lesu, pucat, tidak bersemangat, serta nafsu makannya menurun.

Bunda bisa memberikan makanan penambah darah agar tubuh mereka kembali sehat. Tidak hanya mengatasi anemia saja, makanan tersebut juga bisa menurunkan risiko anemia pada anak. Langsung saja, berikut ini beberapa makanan untuk menambah darah yang bisa Bunda pilih:

makanan penambah darah
makanan penambah darah

Kacang Hijau

Kacang hijau merupakan makanan pertama yang bisa Bunda pilih. Makanan yang berwarna hijau ini memiliki kandungan zat besi tinggi yang membantu mengurangi risiko anemia. Selain menambah darah, kacang hijau juga mampu membantu menjaga daya tahan tubuh, mendukung kecerdasan, dan mendukung pertumbuhan tulang dan gigi.

Bayam

Mungkin sudah banyak orang yang tahu bahwa bayam menjadi salah satu makanan penambah darah. Sayuran berwarna hijau ini memiliki kandungan folat dan zat besi yang tinggi. Selain itu, bayam juga memiliki kandungan serat tinggi yang bisa melancarkan pencernaan si Kecil.

Pisang

Pisang memang menjadi makanan yang sangat identik dengan bayi. Kandungan folat di dalam darah mampu membantu produksi darah dengan baik. Selain itu, buah pisang juga dipercaya memberikan efek bahagia setelah dikonsumsi. Jadikan buah berwarna kuning ini sebagai makanan wajib yang selalu ada di kulkas Anda.

Brokoli

Brokoli menjadi alternatif lain apabila Anda tidak menemukan kacang hijau, bayam, maupun pisang. Kandungan penting yang dapat meningkatkan produksi darah yaitu zat besi, asam folat, dan vitamin. Selain itu, kandungan antioksidan dari brokoli juga menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Itulah makanan penambah darah yang bisa Bunda pilih. Jika si Kecil masih belum bisa mengunyah dengan baik, Bunda bisa memberikan makanan-makanan di atas dalam bentuk bubur. Selain itu, CERELAC juga menghadirkan produk bubur sereal yang menyehatkan dan mudah dikonsumsi. T

ersedia Nestle CERELAC Bubur Sereal rasa kacang hijau, pisang, maupun bayam. Selengkapnya mengenai produk Nestle CERELAC Bubur Sereal bisa Anda lihat di website cerelac.co.id.