Tumbuh kembang setiap anak berbeda- beda, karena ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi tumbuh kembang anak, seperti faktor biologis (genetik), psikologis, lingkungan, dan asupan nutrisi.

Oleh sebab itu, sangat penting sekali bagi bunda untuk membiarkan Si Kecil berkembang dan belajar sesuai dengan tahap yang nyaman bagi anak. namun seiring dengan bertambah usianya terdapat ciri ciri tumbuh kembang anak di setiap tahunnya.

Berikut ciri ciri tumbuh kembang anak 1 tahun:

  • Bertambahnya tinggi dan berat badan

Seiring dengan bertambahnya usi maka bertambah pula tinggi dan berat badan anak. namun pada usia 1 tahun pertambahan berat badan anak tidak sebesar wakti bayi. Namun berat badan anak terus bertambah.

  • Mengalami perubahan fisik

Di usia ini, kekuatan otot dan keseimbangan SI Kecil sudah berkembang sehingga memudahkannya untuk berdiri tanpa bantuan siapapun selama beberapa saa. Ia juga sudah bisa mengambil benda- benda kecil di antara ibu jari dan jari telunjuk. Kemampuan tersebut memungkinkan Si Kecil untuk dapat melakukan makan sendiri, menulis dengan krayon, dan membangun menara balok.

ciri ciri tumbuh kembang anak
ciri ciri tumbuh kembang anak
  • Kemampuan berkomunikasi

Pada usia 1 tahun Si Kecil sudah bisa mengucapkan kata pertamanya, bahkan menyatukan dua kalimat sekaligus. Misalnya “mama”,”papa”, dan kata lainnya. Meskipun kosakatanya masih terbatas, di usia ini Si Kecil sudah bisa melakukan perintah sederhana yang diminta Bunda. Misalnya memegang sendok sendiri, menumpukan balo mainan dan perintah sederhana lainnya.

  • Kemampuan Sosial

Tipikal anak yang berusia 1 tahun adalah merasa malu saat bertemu dengan orang baru atau yang tidak dikenal. Jadi jangan heran jika Si Kecil akan lebih senang berada di sekitar Bunda dan menangis saat bunda hendak meninggalkannya sendirian.

Itulah ciri- ciri tumbuh kembang anak 1 tahun yang merupakan fase yang sangat berharga dan tidak terlupakan. Semua proses tumbuh kembang anak seharusnya dalam pantauan orang tua nya agar proses tumbuh kembang anak berjalan dengan baik.

untuk mendukung proses tumbuh kembang Si Kecil, Bunda bisa memberikan susu pertumbuhan Dancow Gum untuk mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan anak.