Pemberian ASI sangat penting, terutama ASI eksklusif yang harus diberikan hingga usia bayi 6 bulan. Setelah itu, input ASI juga bisa bunda optimalkan kembali hingga usia si kecil 2 tahun. Kenapa demikian? Karena ASI sangat penting sekali untuk anak-anak, terutama bayi yang baru lahir.

Nah, berikut ini kami akan coba jelaskan apa saja manfaat dari ASI, atau air susu ibu tersebut. Tanpa berlama-lama lagi, berikut penjelasan lengkap yang sudah kami rangkum di bawah ini:

input ASI
input ASI

1.  Membantu Perkembangan Otak si Kecil

ASI adalah makanan utama bayi yang baru lahir. Ada banyak kandungan nutrisi penting yang ada di dalamnya. Salah satunya yaitu kandungan yang dapat membantu perkembangan otak bayi. Dengan rutin memberi ASI, perkembangan otak dan kemampuan mengingat si kecil pun akan meningkat.

Setelah berusia 6 bulan, bunda bisa memberi si kecil makanan pelengkap ASI atau MPASI. Optimalkan kebutuhan nutrisinya dengan memberikan MPASI terbaik untuk si kecil. Dengan begitu, tumbuh kembangnya menjadi lebih optimal.

2.  Menjaga Berat Badan Ideal Pada Bayi

Berat badan pada bayi pun harus diperhatikan. ASI adalah salah satu makanan sekaligus minuman bagi anak yang dapat membantu menjaga berat badan idealnya. Si kecil tidak akan terlalu kurus, dan juga terlalu gemuk jika bunda rutin memberinya ASI setiap hari.

Pemberian ASI dapat mendukung berat badan normal si kecil. Pasalnya, ada kandungan zat-zat yang dapat membantu bayi untuk dapat mengoptimalkan berat badannya.

3.  Memenuhi Kebutuhan Nutrisi si Kecil

ASI memiliki banyak sekali kandungan nutrisi. Bahkan kandungan nutrisi pada ASI tergolong lengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian mereka. Perlu bunda ketahui, kebutuhan nutrisi bayi atau anak-anak jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kebutuhan nutrisi orang dewasa.

ASI wajib diberikan hingga 6 bulan. Setelah 6 bulan, bunda bisa menambahkan MPASI dan juga pendamping lainnya seperti susu formula. Tujuannya yaitu untuk memenuhi kebutuhan asupan nutrisi si kecil.

4.  Bagus Untuk Pencernaan

Dengan rutin memberi ASI, bunda akan mencegah berbagai penyakit pencernaan. Baik itu jenis penyakit pencernaan yang ringan maupun yang berat. ASI jauh lebih aman untuk pencernaan bayi. Selain itu, ASI juga tidak akan menimbulkan alergi, diare, hingga mampu mengurangi konstipasi anak.

Kandungan nutrisi pada ASI juga dapat mengurangi risiko bayi stunting. Maka dari itu, penuhi kebutuhan ASI si kecil khususnya kebutuhan ASI eksklusif hingga si kecil berusia 6 bulan.

5.  Mengandung Kolostrum

Ada salah satu kandungan terbaik untuk anak yang hanya ada pada ASI. Kandungan tersebut bernama kolostrum. Kandungan kolostrum hanya terdapat pada ASI. Kandungan ini hanya ada pada ASI pertama.

Ada banyak sekali kandungan nutrisi penting yang ada pada kolostrum. Kandungan-kandungannya yaitu seperti sel darah putih, antioksidan, vitamin, mineral, hingga imunoglobulin atau antibodi.

6.  Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

ASI juga memiliki kandungan vitamin yang tinggi. Beberapa kandungan vitamin termasuk kolostrum juga bagus sekali untuk daya tahan tubuh si kecil. Dengan ASI yang cukup, si kecil akan kuat terhadap berbagai jenis penyakit yang ringan maupun yang berat.

Selain itu, bayi yang rajin mengonsumsi ASI juga akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang jauh lebih bagus dibandingkan bayi yang tidak mengkonsumsinya.

Nah, itulah berbagai kelebihan dan manfaat input ASI untuk bayi. Maka dari itu, usahakanlah untuk menyusui si kecil dengan ASI hingga usia mereka 2 tahun. Anda juga dapat melengkapinya dengan MPASI maupun produk susu anak dengan kandungan terbaik.