Sudah bukan rahasia lagi bahwa cincin merupakan simbol untuk ikatan cinta yang murni dan suci. Ketika sepasang kekasih mengenakan cincin, maka keduanya berharap untuk saling setia menghabiskan sisa waktu bersama. Momen yang tak kalah penting berikutnya saat mengenakan cincin adalah saat prosesi lamaran. Biasanya pihak lelaki akan membawakan cincin untuk mengikat hubungannya dengan sang kekasih yang dilamar.

Lalu kenapa cincin dijadikan simbol untuk acara penting seperti pertunangan? Kenapa bukan kalung, gelang, atau anting? Ternyata hal itu sudah terjadi sejak zaman dahulu kala, cincin memang umum dijadikan sebagai simbol untuk ikatan cinta sepasang kekasih. Lebih lengkapnya, baca ulasan berikut.

Kenapa Cincin Menjadi Simbol Penting Acara Tunangan?

Banyak yang bertanya kenapa cincin dijadikan sebagai simbol penting untuk acara tunangan. Apalagi cincin selalu dikenakan di jari manis, ternyata hal itu berhubungan dengan sejarah penggunaan cincin di Mesir.

Lingkaran Simbol Pernikahan

Zaman dahulu, para Firaun yang berkuasa di Mesir menjadikan lingkaran sebagai sebuah simbol dari pernikahan. Alasannya karena lingkaran memiliki bentuk yang cocok untuk melambangkan keabadian, seperti ouroboros yang tidak memiliki ujung. 

Tentu saja tujuannya supaya penggunaan cincin dijadikan sebagai simbol hubungan yang langgeng serta abadi. Tetapi cincin belum dijadikan sebagai simbol pernikahan saat era Mesir kuno, melainkan ketika era kekaisaran Romawi.

Jari Manis Terhubung ke Jantung

Kebiasaan mengenakan cincin tunangan di jari manis juga telah terjadi sejak dahulu. Hal itu berasal dari kepercayaan Yunani dan Romawi yang percaya bahwa pembuluh vena itu spesial. Vena Amoris merupakan pembuluh darah yang mengalirkan darah langsung ke jantung, sehingga mereka mempercayai bahwa cincin yang dipasang pada jari manis akan langsung terhubung ke jantung.

lamaran

Dipasang Pada Jari Kiri

Selain dipasang pada jari manis, cincin tunangan juga dikenakan pada jari tangan kiri. Alasannya karena belum adanya ikatan pernikahan. Pihak wanita dan pria belum menjadi pasangan resmi yang terikat dalam suatu pernikahan, sehingga cincin masih dipasang di sebelah kiri. Itu juga menunjukkan bahwa kedua pasangan masih terikat secara hati. 

Hal itu akan berbeda ketika sepasang kekasih menikah, maka cincin yang ditaruh di jari manis sebelah kiri akan berganti posisi di sebelah kanan karena ikatan yang nyata telah terbentuk.

Desain Cincin Berkembang

Desain dan pemilihan bahan dasar cincin juga selalu berubah seiring perkembangan waktu. Cincin bermula dari bidal, logam, bahkan besi. Hingga saat ini umumnya cincin berasal dari bahan emas. Perkembangan cincin yang lebih maju lagi adalah adanya taburan berlian asli yang membuat tampilan cincin menjadi lebih cantik dan memesona.

Saat ini banyak yang menyukai cincin dengan taburan berlian asli. Selain karena tampilannya yang cantik, cincin berlian juga membuat rasa percaya diri seorang wanita semakin tinggi. 

Mondial dan Miss Mondial Jeweler merupakan retail perhiasan terbaik dan berkualitas yang telah dipercaya oleh banyak wanita Indonesia. Bahkan para selebriti juga mempercayakan desain cincin tunangan mereka kepada retail ini.

Banyak model cincin tunangan yang tersedia, mulai dari bahan emas kuning, white gold, atau rose gold. Anda juga bisa memilih desain sesuai keinginan, pastinya dengan taburan berlian yang asli dan berkualitas.

Lengkapi acara lamaran spesial Anda dengan cincin tunangan terbaik yang didesain penuh ketulusan. Cincin dengan ikatan yang kuat akan memberikan sugesti untuk hubungan yang langgeng.