Salah satu tantangan terbesar menjadi seorang ibu yaitu memenuhi kebutuhan gizi anak. Beberapa orang tua sering mengeluhkan hal ini karena si kecil tidak suka mengkonsumsi buah dan sayur. Atau, si kecil sangat pemilih terhadap makanan sehingga tidak mengkonsumsi makanan yang beragam. Nutrisi anak merupakan kunci utama dalam membantu proses perkembangan. Oleh sebab itu, para ibu dituntut agar lebih kreatif lagi dalam menyajikan makanan untuk si kecil.

6 Tips Memenuhi Gizi Si Kecil

Berikut merupakan beberapa cara efektif yang dapat Anda coba agar si kecil menyukai makanan yang Anda berikan.

Kenalkan Anak Dengan Makanan Sehat

Memasuki usia 6 bulan Anda sudah mulai dapat memberikan makanan pendamping untuk si kecil. Mengingat pada usia ini si kecil masih belum tumbuh gigi maka Moms perlu menggunakan food processor agar makanan bertekstur halus. 

Untuk pertama kalinya, Moms bisa langsung mengenalkan si kecil dengan makanan sehat seperti daging, buah dan sayur. Dengan demikian, si kecil akan mulai terbiasa dengan rasa masing-masing makanan.

Jangan Memaksa Anak Memakan Makan Yang Dia Tidak Suka

Nutrisi Anak

Jika si kecil menolak untuk makan makanan yang Moms sudah siapkan, sebaik jangan memaksa si kecil untuk makan makan tersebut. Hal ini justru akan semakin membuat si kecil tidak mau makan.

Sebagai solusi, apabila usia si kecil masih dibawah 2 tahun maka Moms dapat memberikan alternatif makanan lainnya. Namun, jika si kecil sudah berusia lebih dari 2 tahun maka Moms dapat melakukan negosiasi atau memberikan tawaran makanan yang mereka suka.

Camilan Sehat

Moms juga dapat memberikan camilan sehat untuk si kecil yang tidak mau makan. Jenis camilan sehat yang bisa Moms berikan diantaranya seperti buah-buahan, kentang rebus, kacang-kacangan, roti atau keju slice. 

Jenis makanan di atas selain sehat juga mengandung kalori sehingga tetap dapat menjaga atau bahkan menaikan berat badan si kecil. Selain itu, camilan ini juga praktis sehingga dapat dikonsumsi ketika sedang bermain.

Olah Makanan Sesuai Dengan Usia Anak

Agar anak mendapatkan nutrisi yang cukup makan bahan makanan harus mudah dicerna. Oleh sebab itu, Moms harus mengolah makan tersebut sesuai dengan usia si kecil. Untuk usia 6-12 bulan berikan si kecil makanan bertekstur halus atau seperti bubur.

Jika si kecil sudah berusia satu tahun makan mulai berikan makanan dengan tekstur sedikit kasar seperti nasi tim atau sayuran rebus. Apabila si kecil sudah dapat mengunyah makan dengan baik maka Mom akan lebih mudah untuk memberikan yang diolah dengan berbagai kreasi masakan.

Membiasakan Sarapan

Sarapan merupakan poin penting untuk menjalani hidup sehat. Agar si kecil nantinya terbiasa dengan pola hidup sehat maka Moms harus membiasakan kebiasaan sarapan sejak dini. Hal terpenting yang harus dipahami pada saat memberikan sarapan yaitu kualitas nutrisi makanan tersebut.

Moms dapat memberikan sarapan si kecil seperti alpukat, bubur kacang hijau atau makanan sehat lainnya. Usahakan Moms hanya memberikan porsi kecil untuk sarapan si kecil. Agar nanti si kecil dapat makan siang dengan lahap.

Ajak Mereka Memasak

Anak-anak sangat menyukai kegiatan yang menyenangkan. Hal ini dapat Moms manfaatkan dengan mengajak si kecil masak makanan mereka sendiri. Selain menyenangkan, cara ini akan membuat mereka antusias untuk memakan hasil masakan sendiri.

Itulah 6 cara yang dapat Moms coba agar si kecil mau makan makanan sarat nutrisi dengan cara yang menyenangkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.