Mutiara merupakan salah satu perhiasan yang populer sejak zaman dahulu. Bentuknya yang bulat putih dan bersinar, menjadikannya incaran untuk digunakan sebagai perhiasan. Desain perhiasan mutiara yang unik menjadi alasan mengapa banyak orang yang sangat hobi sekali menggunakan model perhiasan yang satu ini. Mutiara yang ideal adalah mutiara yang berbentuk bulat sempurna dan halus, tetapi tersedia juga bentuk yang lain. Perhiasan mutiara dapat kamu jadikan sebagai kado anniversary yang tepat untuk pasanganmu.

Sama seperti berlian, mutiara juga memiliki berbagai macam jenis. Jadi sebaiknya sebelum memutuskan untuk memberikan hadiah berupa mutiara kepada pasangan, anda perlu mengetahui dulu perbedaan jenis-jenis mutiara. Selain itu, mutiara juga dapat tumbuh dan dibudidayakan, perbedaan antara mutiara alami dan mutiara budidaya adalah, mutiara alami justru lebih mahal harganya daripada mutiara yang dibudidayakan. Hal ini dikarenakan mutiara yang tumbuh secara alami, jauh lebih langka dibanding mutiara yang dibudidayakan. Saking langkanya, untuk menemukan 1 mutiara alami dibutuhkan setidaknya ratusan tiram untuk dibuka cangkangnya, membunuh tiram tersebut pada prosesnya. Dari ratusan tiram tersebut, kemungkinannya hanya ditemukan 1 mutiara saja.

Kado Anniversary
Kado Anniversary

Mungkin kamu belum mengetahui bahwa mutiara memiliki beragam jenis. Mutiara dapat dibedakan dari caranya tumbuh dan berdasarkan lokasi hidupnya. Jadi berikut adalah beberapa jenis mutiara yang ada di pasaran.

  1. Mutiara Akoya

Mutiara Akoya berasal dari mutiara yang ditemukan di perairan Jepang. Mutiara akoya adalah jenis yang paling terkenal dan dicari, karena kecantikan dan kilaunya. Harga mutiara akoya juga terbilang cukup tinggi. Sebagian besar mutiara Akoya yang ada di pasaran diproduksi di Jepang. Mutiara ini memiliki ukuran rata-rata 7mm dan dapat tumbuh hingga 10mm. Mutiara akoya juga memiliki warna selain putih seperti, cream, hijau, dan biru muda. 

  1. Mutiara Laut Selatan

Mutiara laut selatan merupakan mutiara yang bergengsi di antara mutiara jenis lain. Mutiara laut selatan memiliki 2 warna utama, emas dan putih. Mutiara putih terlihat seperti mutiara pada umumnya, namun yang berwarna emas terlihat sangat unik dan elegan. Variasi warna emas lebih diminati karena tampilannya yang sangat menarik perhatian. Mutiara ini juga yang berukuran paling besar di antara mutiara lain, ia bisa tumbuh dari 15mm hingga 20mm. Sebagian besar mutiara laut selatan berasal dari Australia, Filipina, dan Indonesia.

  1. Mutiara Tahiti

Mutiara tahiti merupakan satu-satunya mutiara yang berwarna gelap yang ada di pasaran. Mutiara Tahiti ini juga menjadi mutiara yang paling dicari dan populer di kalangan para pecinta mutiara, karena menjadi satu-satunya mutiara berwarna gelap alami tanpa campuran pewarna. Ukuran mutiara Tahiti rata-rata 6mm namun bisa tumbuh lebih dari itu. Meskipun terkadang disebut mutiara hitam, namun ada beberapa mutiara yang berwarna abu-abu gelap, arang, dan hijau.

  1. Mutiara Cortez

Selanjutnya adalah mutiara Cortez yang merupakan mutiara yang cukup langka. Mutiara ini sedikit berbeda dari mutiara lainnya, karena mutiara cortez memiliki warna yang seperti pelangi. Mutiara ini berasal dari Pantai Cortez di Meksiko. Ukuran mutiara ini juga cukup besar dengan rata-rata berukuran 8mm sampai 12mm. 

Dari beberapa mutiara yang sudah disebutkan di atas, tentu saja setiap jenis memiliki daya tarik tersendiri. Anda hanya perlu memilih mutiara yang sesuai selera anda untuk dijadikan hadiah mulai dari kado ulang tahun atau pun kado lainnya. Kenali ciri-ciri tiap mutiara dan berhati-hatilah ketika akan memilih mutiara agar tidak salah membeli.