Usia pra sekolah adalah usia ketika si Kecil sudah hampir memasuki masa sekolah. Pada masa ini, Mam perlu memperhatikan beberapa kemampuan si Kecil yang berguna untuk kehidupan di sekolah. Pasalnya saat sekolah si Kecil akan mulai belajar dan juga bersosialisasi dengan teman-temannya. Oleh sebab itu, penting melakukan persiapan untuk mendukung kemampuan si Kecil. Berikut ini ciri perkembangan anak usia pra sekolah yang perlu Anda ketahui:

Kemampuan Kognitif

ciri perkembangan anak
ciri perkembangan anak

Di usia pra sekolah, si Kecil memiliki rasa penasaran dan ingin tahu yang sangat tinggi. Mereka akan mencari jawaban dari pertanyaan hingga merasa puas. Selain itu, si Kecil juga mulai bisa mengenal konsep diri sendiri dan berimajinasi. Anak sudah bisa sedikit membaca dan berhitung untuk persiapan masuk ke sekolah.

Kemampuan Bahasa

Ciri perkembangan anak pra sekolah selanjutnya adalah pada kemampuan bahasa. Kosakata anak usia pra sekolah meningkat dengan pesat yang awalnya sekitar 50-100 kata menjadi 2.000 kata lebih. Mereka biasanya sudah mampu berkomunikasi secara dua arah dengan orang lain. Semakin banyak usianya maka semakin banyak pula kalimat yang bisa diucapkan.

Kemampuan Motorik

Kemampuan motorik baik itu motorik halus maupun motorik kasar berkembang dengan pesat. Si Kecil sudah bisa berdiri, berjalan, lari, hingga melompat dengan baik. Mereka juga sudah bisa melakukan kegiatan sehari-hari dengan mudah tanpa bantuan. Sedangkan kemampuan motorik halus seperti makan sendiri, menulis, dan lain-lain juga sudah baik.

Kemampuan Sosial

Kemampuan sosial penting saat si Kecil berada di bangku sekolah. Anak usia pra sekolah memiliki kemampuan sosial yang sudah cukup baik. Mereka berani mendekati dan berinteraksi dengan teman seusianya. Si Kecil juga sudah bisa mempelajari hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Itulah ciri perkembangan anak usia pra sekolah yang harus Anda ketahui. Berikan stimulasi dan nutrisi yang tepat untuk mendukung berbagai kemampuan si Kecil. Stimulasi bisa didapatkan melalui aktivitas dan permainan. Sedangkan nutrisi didapatkan melalui makanan yang bisa dilengkapi dengan susu. Wyeth Nutrition hadir untuk anak usia pra sekolah melalui S26 Promise dan Promise GOLD. Kedua varian tersebut bisa dikonsumsi anak usia 3-12 tahun.