Manfaat dan keuntungan kartu kredit membuat semua orang tergiur untuk menggunakannya. Anda mungkin juga sudah sering mendengar alat pembayaran ini ketika berbelanja secara online. Kartu kredit memang menjadi alat pembayaran yang praktis dan memudahkan. Selain itu, ada banyak keuntungan seperti promo, diskon, cashback, dan lain sebagainya. Namun jika ingin membuatnya, Anda perlu mengetahui apa itu kartu kredit lebih dalam melalui pembahasan berikut:

Sistem Pembayaran

Kartu kredit memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi terlebih dahulu, kemudian membayarnya belakangan. Jadi secara singkat kartu kredit memudahkan Anda untuk memenuhi kebutuhan secara kredit. 

Ada dua sistem pembayaran tagihan setelah menggunakan kartu kredit yang bisa dipilih yaitu full payment dan minimum payment. Full payment berarti membayar tagihan bulan tersebut secara full, sedangkan minimum payment berarti membayar tagihan sesuai dengan ketentuan minimal dari bank.

apa itu kartu kredit

Limit Kartu Kredit

Limit kartu kredit adalah batas penggunaan kartu kredit untuk bertransaksi. Limit dibutuhkan agar pemegang kartu bisa menggunakannya secara wajar. Nilai limit ditentukan bank berdasarkan penghasilan pemegang kartu kredit.

Biaya Tambahan

Sama seperti kartu debit, Anda juga akan dikenakan biaya tambahan jika menggunakan fasilitas kartu kredit. Biaya tambahan tersebut berupa biaya tahunan atau annual fee, bunga, biaya denda, biaya tarik tunai, dan lain-lain. Namun ada beberapa bank yang membebaskan biaya tahunan atau annual fee.

Suku Bunga

Namanya berhutang pasti akan dikenakan bunga oleh pihak bank. Biasanya bunga yang ditawarkan bank adalah bunga tetap sehingga mudah untuk mengeceknya. Anda perlu memilih bank dengan suku bunga terjangkau agar tagihan kartu kredit tidak membengkak.

Akses dan Layanan

Keunggulan kartu kredit adalah akses dan layanan yang memudahkan nasabah. Akan tetapi akses dan layanan ini bisa berbeda-beda. Yang membedakan adalah kebijakan bank dan jenis kartu kredit yang dipilih.

Itulah pembahasan mengenai apa itu kartu kredit yang perlu Anda pahami. Rekomendasi bank penerbit kartu kredit yang bisa Anda pilih adalah Bank Danamon. Bank ini menyediakan beberapa pilihan kartu sesuai dengan kebutuhan nasabah. Proses pembuatannya bisa dilakukan secara online sehingga lebih memudahkan. Pengajuan aplikasi online bisa dilakukan melalui website resmi Bank Danamon dengan alamat danamon.co.id.