Anak kucing merupakan hewan yang sangat lucu dan juga menggemaskan. Namun berbeda dengan kucing dewasa yang sudah mandiri, anak kucing membutuhkan perawatan lebih. Meskipun mereka masih memiliki induk, namun Anda tetap harus melakukan perawatan agar pertumbuhan anak kucing berjalan dengan baik. Bagi Anda yang masih belum berpengalaman, di bawah ini dijelaskan mengenai cara merawat anak kucing yang tepat.

Inilah Cara Merawat Anak Kucing

  1. Berikan tempat tidur yang nyaman dan hangat

Kucing yang baru lahir menghangatkan tubuhnya dengan cara masuk ke dalam dekapan induknya. Agar mereka merasa lebih nyaman, buatkan tempat tidur yang hangat dan lembut. Buatkan tempat tidur sesuai dengan ukuran induknya agar mereka merasa semakin nyaman.

cara merawat anak kucing
  1. Jaga kebersihan

Sistem kekebalan tubuh anak kucing masih sangat rendah sehingga rentan terhadap penyakit. Anda wajib menjaga kebersihan anak kucing mulai dari kandang, tempat tidur, tempat kotoran, dan lain sebagainya. 

  1. Berikan makanan bernutrisi

Cara merawat anak kucing selanjutnya yaitu memberikan makanan yang bernutrisi. Anda bisa menemukan produk yang memang dikhususkan untuk anak kucing. Berikan makanan tersebut sesuai dengan anjuran yang biasanya ada di balik kemasan. Anak kucing usia 3-4 minggu biasanya mendapatkan makanan kering yang dicampur air hangat dengan takaran 1:2.

  1. Cara merawat anak kucing yang kehilangan induk

Perawatan anak kucing yang kehilangan induk berbeda dengan perawatan kucing dengan induknya. Anda harus memberikan perhatian lebih pada anak kucing karena mereka tidak mendapatkan susu ataupun kehangatan dari induknya. Berikan susu menggunakan botol kecil dan berikan setiap 2-3 jam sekali. Pastikan bahwa kandangnya hangat sehingga mereka bisa bertahan hidup.

Itulah cara merawat anak kucing yang bisa Anda ikuti. Salah satu rekomendasi makanan yang tepat untuk kucing adalah makanan dari Royal Canin. Anda bisa memilih makanan untuk anak kucing atau kitty. Nutrisinya sudah disesuaikan dengan jenis maupun usia anak kucing. Selengkapnya mengenai Royal Canin ada di www.royalcanin.com