Ada dua jenis gula yang identik dengan makanan untuk anak-anak. Gula yang pertama adalah sukrosa atau gula pasir. Sedangkan gula yang kedua adalah laktosa atau yang lebih dikenal dengan gula susu. Namun ternyata gula susu memberikan dampak yang lebih baik dibandingkan sukrosa. Oleh sebab itu, banyak orang menyarankan para Ibu membeli susu pertumbuhan dengan kandungan gula susu bukan gula pasir. Ada beberapa manfaat dari gula susu yang perlu Anda ketahui yaitu:

Menjaga Kesehatan Usus

Gula susu yang masuk ke dalam tubuh nantinya akan dicerna di usus halus. Namun tidak semuanya akan dicerna. Sebagian yang tidak dicerna akan dimanfaatkan oleh bakteri baik sebagai sumber makanan atau prebiotik. Bakteri baik yang terjaga dalam pencernaan bisa menjaga kesehatan usus. Usus yang sehat mendukung daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit.

laktosa

Sumber Nutrisi Otak

Manfaat laktosa atau gula susu selanjutnya yaitu sebagai sumber nutrisi otak. Hal tersebut lantaran gula susu bisa berubah menjadi galaktosa. Sementara galaktosa sendiri memiliki peran dalam pembentukan sel saraf otak. Selain itu, galaktosa juga bisa menurunkan risiko gangguan fungsi otak seperti sindrom nefrotik dan alzheimer. Dengan perkembangan otak yang baik, Si Kecil bisa memiliki kecerdasan yang optimal.

Mencegah Obesitas Pada Anak

Kandungan gula dalam gula susu jauh lebih sedikit dibandingkan gula pasir. Paling tidak perbandingannya yaitu sekitar 1 banding 5. Jadi jangan heran apabila gula susu cenderung tidak semanis gula pasir. Namun hal itu yang membuat berat badan Si Kecil tidak bertambah dengan cepat sehingga bisa mengurangi risiko obesitas. Selain itu, indeks glikemik dari gula susu juga lebih rendah dibandingkan gula pasir.

Itulah berbagai manfaat yang bisa didapatkan Si Kecil melalui laktosa atau gula susu. Salah satu susu pertumbuhan yang mengandung jenis gula tersebut adalah Nestle Dancow Nutritods. Tidak adanya gula pasir atau sukrosa juga bisa membuat Si Kecil lebih sehat. Berikan Dancow 1+ Nutritods jika Si Kecil berusia 1-3 tahun, Dancow 3+ Nutritods jika Si Kecil berusia 3-5 tahun, dan Dancow 5+ Nutritods jika Si Kecil berusia 5-6 tahun.