Gangguan pencernaan yang terjadi pada kucing berdampak buruk pada kesehatannya. Pasalnya sistem pencernaan kucing memiliki fungsi penting untuk proses penyerapan nutrisi. Jika sistem pencernaan terganggu, maka proses penyerapan nutrisi juga terganggu. Berikut ini adalah 3 tanda yang biasanya terjadi ketika kucing mengalami gangguan pencernaan:

Sulit Makan atau Menelan

Gejala pertama yang menandai terjadinya masalah di sistem pencernaan adalah kesulitan saat makan atau menelan. Beberapa masalah pencernaan seperti penyumbatan di kerongkongan atau otot kerongkongan dan perut tidak berfungsi membuat kucing sulit untuk menelan dan makan. Ketika menelan, kucing terlihat tegang dan kesakitan. Bahkan sering kali kucing akan mengeluarkan lagi makannya dan batuk karena makanan tidak tercerna. 

Muntah

Muntah sebenarnya bukan hal yang berbahaya bagi kucing karena terjadi ketika makanan yang dimakan dianggap berbahaya oleh tubuh. Namun apabila muntahnya sering terjadi, Anda patut waspada karena bisa saja kucing mengalami gangguan pencernaan. Muntah bisa terjadi karena masalah serius seperti infeksi, penyakit radang, atau tukak lambung.

sistem pencernaan kucing

Mengalami Masalah Bola Bulu

Kucing menjilati tubuhnya sendiri untuk membersihkan diri. Namun karena kucing termasuk hewan berbulu, bulu-bulunya bisa masuk ke pencernaan. Bola bulu atau hairball tersebut secara normal dikeluarkan melalui kotoran. Namun jika kucing memuntahkan bulunya, artinya gumpalan di saluran pencernaan sudah semakin banyak. Sehingga membutuhkan perawatan agar tidak mengganggu sistem pencernaan. Masalah ini paling sering terjadi pada kucing berbulu panjang.

Diare

Tanda gangguan sistem pencernaan yang terakhir adalah diare. Ada beberapa masalah kesehatan yang ditandai dengan diare. Contohnya seperti diare usus besar yang fesesnya cenderung sama namun lebih sering. Lalu ada diare usus kecil dengan volume besar dan warna hijau atau oranye. Terkadang disertai makanan yang tidak tercerna. Jika diare pada kucing tidak kunjung sembuh, Anda harus segera membawanya ke dokter hewan.

Itulah 4 tanda utama ketika kucing mengalami gangguan sistem pencernaan. Salah satu cara mengatasi gangguan sistem pencernaan kucing adalah memilih makanan yang tepat. Royal Canin merupakan merek makanan kucing terbaik yang bisa Anda jadikan pilihan. Variannya disesuaikan dengan usia, ras, dan kondisi kucing. Jadi Anda bisa memilih produk Royal Canin sesuai kebutuhan. Produk bisa Anda beli secara online di official store marketplace.