Mungkin anda pernah mengalami penyakit yang datang tiba-tiba seperti batuk ? ya, batuk merupakan gangguan pada tenggorokan yang biasanya datang secara tiba-tiba, batuk bisa menyerang siapa saja, anak-anak, tua maupun muda pasti pernah mengalami gangguan yang namanya batuk.

 KesehatanKenapa disebut gangguan? Jelas sekali, bahwa batuk sangat menggagu dalam aktivitas apa saja yang sedang anda lakukan, misalnya saat bekerja, ketika batuk sudah tidak bisa ditahan, maka beberapa pekerjaan akan terhambat, bahkan batuk yang parah akan menyebabkan keluarnya keringat pada badan, sehingga anda berpotensi akan mengalami gejala dan rasa meriang serta letih.

Kesehatan sangatlah penting untuk mendukung serta membantu lancarnya aktivitas anda, berikut tips pertolongan pertama saat anda mengalami batuk.

Tahapan batuk yang masih tergolong tidak mengganggu aktivitas anda mungkin masih bisa diatasi dengan beberapa obat batuk yang tersedia di warung, namun jika batuk anda sudah masuk pada tahap mengganggu aktivitas, kerja, sekolah, maupun aktivitas lainnya, maka hal tersebut jangan dianggap enteng, segera cari untuk pertolongan pertamanya.

Masalah batuk yang menggangu adalah batuk yang terkadang membuat anda susah tidur akibat batuk yang ditimbulkan, perasaan gelisah, keringat dingin, serta menggangu tidurnya orang yang bersama anda di rumah, nah untuk mangatasi hal tersebut, maka sebagian orang sudah membuktikannya untuk pertolongan pertama ketika anda batuk.

  1. Ambil 2 buah jeruk nifis berukuran sedang kemudian peras airnya hingga habis dari dalam seratnya.
  2. Kemudian masukkan ke dalam gelas perasan jeruk nifis tersebut, siapkan sendok untuk mengaduknya, “jangan di campur air”
  3. Kemudian langkah selanjutnya ambil satu sendok kecap manis, kecap manis dari merk apa saja sama, yang terpenting kandungan kedelai yang akan baik untuk kesehatan.
  4. Langkah selanjutnya adalah campurkan kecap dengan perasan air jeruk nipis dalam gelas kemudian aduk hingga merata,
  5. Minumlah saat batuk sedang kambuh, dan rasakan hasilnya.

Jika melakukan pertolongan pertama saat anda batuk tersebut sudah diatasi dengan jeruk nipis serta kecap, maka ada baiknya anda segera berkonsultasi kepada ahli kesehatan untuk mengobatinya agar batuk tak berkepanjangan.