Polemik Aturan Reklamasi dalam berita politik Indonesia, karena Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah resmi membatalkan proyek reklamasi di Teluk Jakarta. Penghentian proyek tersebut dengan izin prinsip yang dicabut dan izin pelaksanaan pembangunan proyek tersebut. Bapak gubernur mengumumkan sendiri putusan penghentian pada beberapa saat setelah Rapat Paripurna di gedung DPRD DKI Jakarta. “Pak Anies secara resmi mencabut semua izin pulau-pulau reklamasi di teluk jakarta, dan kegiatan reklamasi di Jakarta bisa saya putuskan, hari ini yang terjadi reklamasi telah dihentikan,” ucap Anies dalam jumpa pers pada hari rabu tanggal 26 september di Balai Kota Jakarta.

Berita Politik Indonesia
Berita Politik Indonesia

Maka dari itu proses pembangunan di tiga belas pulau reklamasi secara resmi dihentikan. Untuk 4 pulau reklamasi yang sudah terbangun, Gubernur akan digunakan untuk kepentingan masyarakat. Beliau menerangkan tentang pencabutan izin reklamasi yang dilakukan pada bulan ini Badan Pengelolaan Pulau-pulau Reklamasi dalam Pergub Nomor 58 Tahun 2018. Peraturan guberbur yang sudah diundangkan pada tanggal 7 Juni 2018, dibuat dengan dasar Keputusan Presiden Nomor lima puluh dua Tahun 1995 perihal Reklamasi Pantai Utara Jakarta . Berita terkini dari teluk Jakarta bisa kita akses di matamatapolitik.com.

Dibentuknya badan reklamasi itu juga yang bernasib mengatur tingkah laku Anies, karena akan kembali beraktivitas reklamasi. karena, hampir bersamaan Peraturan gubernur itu diterbitkan Anies sudah menyegel Bangunan dan proyek di pulau hasil reklamasi, yaitu C dan D. Akan tetapi, menurut Anies sendiri, Badan yang ketuanya Sekretaris Daerah DKI yang telah melakukan penelitian tentang pekerjaan pada saat reklamasi pulau itu sampai akhirnya bisa mencabut izin masuk reklamasi. “Dengan ketentuan yang ada, Badan bisa mengeluarkan izin, tetapi juga dapat memberikan izin,” ucap Anies.

Kuasa hukum dari Koalisi Selamatkan Teluk Jakarta, beliau Tigor Hutapea sangat mengapresiasi langkah-langkah Gubernur yang melakukan pencabutan dari hasil reklamasi tersebut. “Apa yang dilakukan gubernur itu sudah sangat tepat. Salah satu langkahnya, yang dilakukan Anies dalam menghentikan reklamasi dan mencabut izin yang sudah sangat tepat,” ucap Tigor ke para jurnalis matamatapolitik.com. Berita Politik Indonesia ini dapat kami akses di situs web tersebut, karena kami dapat menjadi yang terdepan dalam penyajian informasi berita lokal maupun internasional, mengingat kebutuhan masyarakat Indonesia dalam mengakses berita lewat internet.