Polemik Aturan Reklamasi dalam Berita Politik Indonesia, karena Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah resmi menghentikan proyek reklamasi di Teluk Jakarta. Penghentian proyek tersebut ditandai dengan izin prinsip yang dicabut serta izin pelaksanaan pembangunan proyek tersebut. Bapak gubernur mengumumkan sendiri putusan penghentian itu pada kemarin beberapa saat sesudah mengikuti Rapat Paripurna di gedung DPRD DKI Jakarta. “Pak Anies secara resmi mencabut semua izin pulau-pulau reklamasi di teluk jakarta, sehingga aktivitas reklamasi di Jakarta bisa saya putuskan, hari ini bahwa pembangunan reklamasi telah dihentikan,” ucap Anies dalam jumpa pers pada hari rabu tanggal 26 september di Balai Kota Jakarta.

Berita Politik Indonesia
Berita Politik Indonesia

Maka dari itu proses pembangunan di tiga belas pulau reklamasi secara resmi dihentikan. Adapun untuk 4 pulau reklamasi yang sudah terbangun, Gubernur menyatakan akan digunakan untuk kepentingan masyarakat. Beliau menerangkan tentang pencabutan izin reklamasi ini dilakukan sesudah pembentukan Badan Pengelolaan Pulau-pulau Reklamasi dalam Pergub Nomor 58 Tahun 2018. Peraturan guberbur yang sudah diundangkan pada tanggal 7 Juni 2018, dibuat dengan dasar Keputusan Presiden Nomor lima puluh dua Tahun 1995 perihal Reklamasi Pantai Utara Jakarta. Berita terkini dari teluk Jakarta bisa kita akses di matamatapolitik.com.

Dibentuknya badan reklamasi itu juga sempat membuat tudingan terhadap Anies, karena akan kembali lanjut proyek reklamasi. dikarenakan, hampir bersamaan Peraturan gubernur itu diterbitkan Anies sudah menyegel bangunan serta proyek di pulau hasil reklamasi, yaitu C dan D. akan tetapi, menurut Anies sendiri, Badan yang ketuanya Sekretaris Daerah DKI itu sudah bertugas melakukan kajian menelusuri seluruh izin pada proyek reklamasi pulau itu hingga akhirnya bisa mengambil keputusan mencabut izin reklamasi. “Dengan ketentuan yang ada, Badan bisa mengeluarkan mencabut izin, tapi juga bisa memberikan izin,” ucap Anies.

Kuasa hukum dari Koalisi Selamatkan Teluk Jakarta, beliau Tigor Hutapea sangat mengapresiasi langkah Gubernur yang melakukan pencabutan izin dari proyek reklamasi tersebut. “Apa yang dilakukan gubernur itu sudah sangat tepat. Salah satu langkahnya, yang dilakukan Anies dalam menghentikan reklamasi serta mencabut izin itu sudah sangat tepat,” ucap Tigor kepada para jurnalis matamatapolitik.com. Berita Politik Indonesia ini bisa kita akses di situs website tersebut, karena visi kami ialah untuk menjadi yang terdepan dalam penyajian informasi berita local maupun internasional, mengingat kebutuhan masyarakat Indonesia dalam mengakses berita lewat internet.