Masa anak-anak adalah masa pertumbuhan dimana mereka membutuhkan berbagai macam nutrisi untuk membantu perkembangannya. Protein merupakan salah satu nutrisi penting bagi anak yang berperan pada pembentukan sel serta fungsi tubuh. Oleh sebab itu, seorang balita dan anak-anak membutuhkan asupan protein di atas orang dewasa untuk membantu tumbuh kembangnya berjalan secara optimal.

Ada cukup banyak makanan yang mengandung protein tinggi yang bisa diberikan kepada anak. Makanan tersebut bisa bersumber dari protein nabati maupun hewani. Langsung saja, berikut ini adalah daftar makanannya:

Dada Ayam

makanan yang mengandung protein
Makanan yang mengandung protein

Ayam merupakan salah satu sumber protein tinggi yang bisa Anda berikan kepada anak. Dibandingkan bagian lainnya, dada ayam dinilai memiliki kandungan protein lebih tinggi karena kandungan lemaknya lebih sedikit. Anda bisa mengolah dada ayam menjadi berbagai macam makanan menarik agar nafsu makan anak meningkat.

Telur

makanan yang mengandung protein

Mungkin sudah banyak dari Anda yang tahu bahwa telur merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung protein tinggi. Makanan ini memiliki kandungan protein hingga hampir sebanyak 35%. Selain protein, telur ternyata juga mengandung nutrisi lain seperti mineral, lemak sehat, vitamin, serta antioksidan yang baik untuk nutrisi otak dan kesehatan mata.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kedelai dan kacang almond memiliki protein yang tinggi sehingga baik untuk anak Anda. Tidak hanya itu saja, makanan ini juga mengandung serat yang dibutuhkan oleh si kecil pada pertumbuhannya.

Ikan Tuna

Ikan menjadi makanan mengandung protein tinggi selanjutnya yang bisa Anda berikan kepada anak. Salah satu jenis ikan dengan protein tinggi yang bisa dikonsumsi anak adalah ikan tuna. Selain protein, ikan tuna juga mengandung lemak omega-3 yang baik bagi perkembangan otak.

Tahu

Tahu merupakan salah satu sumber protein nabati yang bisa menjadi alternatif pilihan Anda untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Karena bahan baku pembuatan tahu adalah kedelai maka tidak heran jika makanan ini mengandung protein yang tinggi. Kreasikan masakan tahu Anda dengan resep inovatif agar anak mau mengkonsumsinya.

Itulah 5 makanan yang mengandung protein tinggi yang bisa Anda berikan kepada buah hati. Imbangi juga dengan asupan nutrisi lain yang dibutuhkan untuk proses tumbuh kembang anak.

Selain memenuhi kebutuhan nutrisi dan protein-nya, anak usia 1 tahun ke atas juga perlu minum susu Dancow Gum dengan teratur. Dancow Gum sendiri merupakan rangkaian susu pertumbuhan dari Nestle yang bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang anak Anda.