Bagi wanita  menjaga kesehatan rambut adalah salah satu perawatan yang juga penting dilakukan. Hal ini karena rambut adalah mahkota para wanita dimana kesehatan dan keindahannya menjadi hal yang sangat diperhatikan oleh sebagian wanita. Apalagi ditambah dengan tekstur rambut yang pada dasarnya mudah sekali rusak karena setiap hari terkena bahan kimia dan polusi lingkungan sekitar, maka perlu adanya perawatan khusus salah satunya adalah detoks rambut.

Ya, ternyata detoks tidak hanya diperuntukkan bagi tubuh saja, detoks rambut ternyata dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengeluarkan racun dari rambut dan menggantinnya dengan nutrisi yang menyehatkan.

Berikut adalah beberapa cara detoks rambut secara alami yang disarankan oleh beberapa ahli yang dapat Anda lakukan sendiri dirumah :

1. Pilih sampo yang cocok sesuai dengan jenis dan kondisi rambut

Detoks rambut dapat Anda mulai dengan cara memilih sampo yang benar. Pilihlah sampo yang mengandung selenium sulfida, asam salisiat atau zinc pyrithione yang dapat membantu mengelupas sel kulit mati di kepala.

2. Memakai telur ayam

Sebagaimana yang kita tahu kandungan protein dan asam amino pada telur ayam memang banyak sekali manfaatnya,salah satunya adalah sebagai cara untuk menjaga kesehatan rambut. Cara memanfaatkan telur sebagai detoksifikasi rambut adalah dengan cara mencampurkan 1 butir telur kedalam wadah yang berisi sampo. Setelah dicampur, kemudian oleskan dan pijat ke helai rambut. bilas dengan air hangat setelah 15 menit.

3. Minyak zaitun

Minyak zaitun terbukti dapat melapisi rambut dengan cara melembabkan dan melindunginya dari kerusakan. Caranya cukup mudah, yaitu dengan panaskan satu sendok minyak zaitun hingga hangat, kemudian oleskan ke rambut yang kering dan tutup dengan penutup kepala yang terbuat dari plastik. Cukup tunggu selama 20 menit kemudian bilas dengan air hangat dan shampo.

4. Hindari pemakaian alat-alat styling rambut secara berlebihan

Hal ini karena panas yang dihantarkan oleh alat-alat ini akan membuat rambut cepat rapuh sehingga terlihat kusam, kering dan mudah rontok. Jika Anda sedang melakukan perawatan detoks rambut, sebaiknya hindari penggunaan alatt tersebut selama beberapa waktu agar detoks yang Anda  lakukan bisa maksimal.

Nah, semoga detoks rambut  secara alami diatas dapat membantu Anda menjaga kesehatan rambut sehingga rambut yang indah, lembut dan berkilau bukan hal yang mustahil lagi. Selamat mencoba.