Bagi Anda yang ingin memiliki taman bunga dengan tampilan unik, Anda bisa mengoperasikannya dengan pot-pot yang menarik. Iya dalam hal ini Anda bisa menggunakan pot bunga buatan sendiri dengan desain yang bisa Anda sesuaikan dengan keinginan Anda.

Iya bagi Anda yang gemar untuk berkreasi, tentu membuat pot sendiri akan menjadi salah satu pengalaman menarik selain juga lebih hemat. Dalam hal ini Anda bisa membuat pot dengan bahan beton agar lebih kuat dan tidak mudah pecah.

Pastikan Anda menggunakan semen tiga roda yang merupakan semen terbaik di Indonesia sehingga pot Anda kokoh dan tidak mudah pecah. Nah daripada basa-basi, yuk kita buat potnya. Simak berikut:

Pot bunga buatan sendiri
  • Pilih cetakan

Cetakan menjadi salah satu bagian penting bagi Anda yang akan membuat pot. Dalam hal ini Anda bisa menentukan model cetakan beserta ukurannya. Jika Anda ingin membuat pot dengan ukuran kecil, Anda bisa mengatur ketebalan pot sekitar 5 cm. Atau jika Anda ingin membuat pot bunga yang tingginya sekitar 60 cm, Anda bisa mengatur ketebalan pot minimal 7,5 cm. 

  • Campur adukan beton

Dalam hal ini pastikan Anda memilih bahan-bahan terbaik seperti pasir yang kadar lumpurnya sedikit, dan juga semen tiga roda yang merupakan salah satu semen terbaik di Indonesia. Iya Anda dapat menggunakan adonan dengan perbandingan yang pas antara pasir, semen, dan juga air. 

  • Masukkan adonan ke dalam cetakan

Setelah adonan sudah siap, Anda bisa memasukkannya ke dalam cetakan. Namun sebelum memasukkan adonan, lumuri cetakan dengan minyak agar adonan beton tidak menempel. Selain itu pastikan Anda juga telah meletakkan batu atau kayu yang tujuannya adalah sebagai drainase. Selanjutnya Anda bisa meratakan adonan di dalam cetakan mulai dari bagian dasar kemudian bagian dinding. 

  • Tunggu hingga kering

Nah setelah Anda meratakan adonan ke dalam cetakan dan mengkreasikan sesuai dengan keinginan Anda. Maka Anda tinggal menunggu pot Anda hingga beberapa hari untuk memastikan bahwa pot sudah benar-benar kering. Setelah itu silahkan lepas pot beton dari cetakannya. Dan pot bunga buatan sendiri pun siap untuk digunakan.