Konstipasi atau yang lebih dikenal dengan sembelit pada anak memang sudah menjadi hal biasa terjadi, hal tersebut dikarenakan pencernaan anak yang masih belum sempurna sehingga tidak begitu maksimal dalam mencerna berbagai makanan yang ia makan, sembelit akan menyebabkan rasa tidak nyaman sehingga aktivitas anakpun akan merasa terganggu.

Oleh karena itu ibu perlu mengatasinya dengan tepat agar tidak terjadi hal yang demikian. pencernaan yang sehat akan membantu tumbuh kembang anak menjadi lebih maksimal sebab sekitar 80% antibodi dihasilkan dari saluran cerna. Meski saluran pencernaan i kecil masih belum terbentuk dengan sempurna maka ibu harus tahu tips atasi susah bab anak jika sesekali anak merasa sembelit.

tips atasi susah bab anak
tips atasi susah bab anak

Berikut cara mengatasi sembelit pada anak:

1. Beri air minum yang cukup 

Jika anak tidak bisa buang air besar selama satu hari, maka ibu jangan dulu panik berikan si kecil air putih yang cukup,maksimal 1 liter dala satu hari. Air akan membantu melancarkan pencernaan dan mencegah feses menjadai tidak keras.

2. Berikan makanan yang mengandng serat

Ada banyak makanan yang mengandung serat yang bisa didapat dari sayura dan buah-buahan oleh karena itu usahakan gar setiap harinya si ekcil mendapatkan asupan serat yang cukup. serat sangat ampuh dalam mengatasi susah BAB namun untuk pemberian pisang dan apel sebaiknya tidak diberikan dulu sebab 2 makanan tersebut akan membuat tinja menjadi keras.

3. Memijat perut si kecil

Sebaiknya ibu memberikan pijatan halus pada perut si kecil untuk membantu merangsang pergerakan ususnya, ibu bisa memijatnya seperti arah jarum jam dari bawah sebelah kanan diputar keatas sampai kesebelah kiri, lakukan pijatan tersebut dengan menggunakan oil. 

4. Menubah pola makan

Bisa jadi penyebab sembelit pada si ekcil karena pola makan yang salah, jika hal tersebut terjadi demikian maka ibu perlu mengubah pola makannya menjadi lebih teratur.

Itulah cara atau tips atasi susah bab anak, jadikan anak menjadi lebih sehat salah satunya mencegah anak tidak mengalami sembelit sehingga tetap grow happy, selain itu bisa bisa memberikan segelas susu lactogrow untuk membantu kebutuhan nutrisi anak.