Pesatnya perkembangan teknologi kini hampir memungkinkan segala sesuatu yang dulunya tidak mungkin menjadi mungkin. Misalnya saja kerja sambil kuliah jurusan cyber security. Bidang cyber security memiliki fokus utama dalam sistem keamanan suatu jaringan, pengujian sistem, serta berbagai teknik pertahanan dari serangan kejahatan dari dunia maya.

Di tengah era kebangkitan ekonomi seperti saat ini, banyak sekali bisnis yang tengah berupaya untuk bangkit dari keterpurukan karena dampak dari pandemi global. Namun, suatu ancaman keamanan dunia maya justru akan memandang hal ini sebagai suatu peluang untuk melancarkan serangan-serangan yang bertujuan untuk menyalahgunakan data bisnis dan mendapatkan keuntungan pribadi atau golongan. Oleh karenanya, cyber security di masa kini sangat dibutuhkan.

Kerja sambil kuliah
Kerja sambil kuliah

Disiplin ilmu baru ini hanya memiliki sejumlah kecil tenaga profesional yang mampu mengendalikan keamanan siber, oleh karena itu, bekerja sambil kuliah jurusan cyber security di IDS merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang menaruh minat dalam hal pemrograman dan jaringan komputer. Guna menambah wawasan Anda mengenai kuliah jurusan cyber security, berikut beberapa pilihan karier yang dapat ditempuh para lulusan jurusan cyber security.

Pilihan Karier Kuliah Cyber Security

Pilihan karier yang dapat ditempuh para lulusan cyber security dari IDS sangat beragam. Berbagai pilihan karir mulai dari tenaga ahli, hingga akademisi tersedia bagi para lulusan cyber security. Sebab tenaga profesional yang jumlahnya masih lebih sedikit ketimbang lapangan pekerjaan yang tersedia, cyber security menjadi jurusan yang memiliki prospek karir yang menjanjikan.

  • Penetration tester  (Penguji penetrasi)
  • Cyber Intelligence Officer (Petugas Kecerdasan Siber)
  • Information Security Analyst (Analis Keamanan Informasi)
  • Network Security Administrator (Admin Keamanan Jaringan)
  • Computer Security Architect (Arsitek Keamanan Komputer)
  • Lecturer, Trainer, or Researcher in Cyber Security (Dosen, Pelatih, atau Peneliti dalam Cyber Security)

Memilih kuliah di bidang cyber security memberikan banyak manfaat dan keuntungan. Hal ini didukung dengan semakin berkembangnya teknologi seiring waktu dan pengembangan yang terus-menerus dilakukan dalam hal keamanan siber.

Keuntungan Kuliah dan Bekerja di Bidang Cyber Security

Memilih kuliah jurusan cyber security atau jalur karir di bidang tersebut akan memberikan berbagai keuntungan yang eksklusif. Terlebih jika Anda mampu kerja sambil kuliah di IDS. Hal ini akan menambah kualitas pengalaman Anda sebelum akhirnya meniti karier di bidang Cyber Security. Berikut beberapa keuntungan memilih kuliah dan berkarir di bidang cyber security.

  • Menjadi garda terdepan dalam hal keamanan siber suatu bisnis.
  • Memahami teknik pertahanan dan perlindungan dari kejahatan siber termasuk meretas, carding, phising, defacing, dan lain sebagainya.
  • Mendapatkan peluang kerja yang sangat prospektif dengan gaji yang cukup memuaskan.
  • Dapat berkontribusi dalam menguji suatu keamanan jaringan atau aplikasi yang dihostingkan secara online.

Selain melihat keuntungan yang sangat menjanjikan dari berkuliah dan bekerja di bidang cyber security, Anda juga perlu mempertimbangkan karakter orang yang sesuai dengan kuliah dan pekerjaan di bidang ini.

Karakter Orang yang diperlukan di bidang Cyber Security

Setelah melihat keunggulan tersebut, ada baiknya jika mempertimbangkan hal lain. Misalnya karakter orang yang diperlukan untuk mengambil kuliah dengan jurusan Cyber Security atau meniti karir di bidang Cyber Security. Berikut beberapa karakter orang dan kemampuan yang perlu dikuasai seorang mahasiswa atau alumni jurusan cyber security.

  • Memiliki pemikiran yang kritis
  • Mampu bekerja sama dengan tim, maupun individu
  • Gemar menganalisis sesuatu
  • Gemar memecahkan masalah
  • Gemar melakukan penelitian
  • Selalu ingin tahu dan tidak mudah menyerah
  • Teliti dan berorientasi pada detail.

Jadi, bekerja sambil berkuliah di jurusan cyber security bukan menjadi hal yang tidak mungkin. Dengan terus mengasah kemampuan dan pengalaman, peluang karir yang menjanjikan di bidang cyber security akan terus terbuka dan berdatangan kepada Anda.