Berlian asli terbentuk dalam proses yang panjang di dasar Bumi. Setelah ditambang, berlian akan menjalani serangkaian proses hingga siap dipasang pada sebuah cincin yang indah. Karena prosesnya yang panjang tersebut, tidak heran jika cincin berlian asli memiliki harga yang sangat mahal. Harganya sangat berbanding dengan kualitas maupun keindahan yang diberikan.

Namun karena termasuk aset yang bernilai, cincin berlian tidak jarang diduplikasi atau dipalsukan. Bahkan Anda akan lebih mudah mendapatkan cincin berlian palsu dibandingkan cincin berlian asli di pasaran. Jika penasaran apakah cincin yang Anda beli asli atau palsu. Anda bisa mengujinya dengan beberapa cara berikut ini:

cincin berlian asli
cincin berlian asli

Amati Menggunakan Diamond Loupe

Diamond loupe merupakan sebuah alat sejenis kaca pembesar yang bisa menguji keaslian berlian. Anda bisa mendapatkan alat ini dengan mudah karena banyak dijual secara online maupun offline. Anda bisa mengamati setiap detail berlian menggunakan alat ini. Perhatikan ujungnya. Berlian asli biasanya memiliki ujung yang tajam sementara berlian palsu berbentuk bulat.

Goreskan Pada Kaca

Menggoreskan cincin berlian pada kaca menjadi cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan. Berlian termasuk batu paling keras sehingga tidak akan mudah tergores. Nilai kekerasan dari berlian bahkan berada pada angka 5.5 Mohs. Anda bisa langsung menggoreskan bagian berlian cincin pada kaca. Jika berlian Anda asli, maka kaca yang akan tergores bukan berliannya.

Gosok dengan Amplas

Cara menguji cincin berlian wanita asli selanjutnya ini hampir sama dengan sebelumnya. Karena anti gores dan menjadi batu paling keras, Anda bisa menggosok bagian berlian cincin dengan amplas. Gosokkan dengan tekanan secukupnya untuk mengetahui apakah berlian tergores atau tidak. Berlian palsu biasanya terbuat dari cubic zirconias sehingga bisa tergores apabila bergesekan dengan amplas.

Lakukan Fog Test

Fog test merupakan cara menguji keaslian berlian yang paling mudah dilakukan. Pasalnya Anda tidak membutuhkan alat apapun untuk melakukan pengujian. Fog test sendiri juga dikenal dengan uji tes embun. Anda harus menghembuskan nafas ke bagian berlian dari cincin. Lihat apakah ada embun yang tertinggal atau tidak. Berlian asli tidak akan meninggalkan embun sementara berlian palsu akan meninggalkan embun.

Perhatikan Bayangan Cincin Berlian

Cincin berlian yang asli memiliki keindahan yang tidak akan pernah Anda dapatkan dari cincin berlian palsu. Penggemar berlian mungkin akan sangat mudah membedakan barang palsu dan asli karena mereka sudah terbiasa melihatnya. Namun bagi kolektor baru, hal tersebut masih cukup sulit. Jika ingin mengetahui keaslian berlian, cobalah memperhatikan bayangannya. Berlian asli memiliki bayangan abu-abu dan putih, sedangkan yang palsu bayangannya warna pelangi.

Cek Sertifikat Berlian

Penjual berlian biasanya akan memberikan sertifikat sebagai jaminan bahwa perhiasan yang ditawarkan asli. Namun Anda harus mengecek sertifikat berlian yang diberikan. Pastikan sertifikatnya berasal dari lembaga yang kredibel. Jadi keaslian berlian juga tidak perlu diragukan. Lembaga kredibel yang menilai berlian ada banyak termasuk GIA, EGL, AGS, HRD, dan lain sebagainya.

Itulah cara membedakan cincin berlian asli dan palsu yang paling mudah dilakukan. Anda bisa melakukannya sendiri tanpa datang ke toko perhiasan. Jangan lupa juga untuk selalu membeli cincin berlian di tempat yang terpercaya. Sangat disayangkan bukan jika cincin mahal Anda ternyata palsu.

Mondial Jeweler adalah brand perhiasan ternama yang terbukti keasliannya. Adanya sertifikat menjadi jaminan jika cincin yang Anda beli asli. Bukan hanya keasliannya saja, Mondial Jeweler juga memiliki kelebihan lain seperti model beragam, material logam berkualitas, koleksi lengkap, dan lain sebagainya. Anda bisa melihat koleksinya pada website www.mondialjeweler.com atau akun media sosialnya.