Insomnia pada umumnya terjadi pada orang dewasa. Namun ternyata kenyataannya juga bisa terjadi pada anak-anak. Banyak penyebab anak susah tidur seperti terlalu banyak bermain gadget, perubahan waktu tidur, stres, merasa tidak nyaman, dan lain sebagainya. Langkah awal untuk mengatasinya adalah memperbaiki pola tidur anak. Anda harus menciptakan suasana yang nyaman agar anak tidur dengan cepat.

Selain memperbaiki pola tidur, Anda juga bisa memberikan beberapa jenis minuman. Minuman-minuman ini jika dikonsumsi bisa meningkatkan kualitas tidur anak. Sudah penasaran apa saja jenis minumannya? Langsung saja, berikut di antaranya:

Teh Chamomile

Bunga chamomile merupakan salah satu jenis bunga yang sering dijadikan teh karena memiliki khasiat untuk kesehatan. Beberapa manfaatnya yaitu untuk mengurangi peradangan, meredakan gejala flu, serta meningkatkan kesehatan kulit. Berdasarkan studi, bunga chamomile yang dijadikan teh juga bisa meningkatkan kualitas tidur. Sifatnya yang menenangkan membuat anak bisa tidur dengan pulas.

Susu Almond

Kacang almond mengandung banyak nutrisi penting seperti serat, mineral, dan juga vitamin. Penampilannya hampir sama seperti susu sapi namun bahan pembuatannya adalah kacang almond. Pastikan Si Kecil tidak alergi pada kacang sebelum memberikan susu almond. Setelah itu, berikan pada Si Kecil beberapa menit sebelum tidur.

anak susah tidur

Susu Hangat

Bukan hanya susu almond saja, susu sapi hangat juga bisa membantu anak susah tidur menjadi lebih mudah untuk terlelap. Ada kandungan asam amino dan triptofan alami yang bisa meningkatkan serotonin dan neurotransmitter. Fungsi dari serotonin sendiri mirip dengan melatonin yang bisa meningkatkan kualitas tidur anak.

Coklat Hangat

Anak sangat suka meneguk segelas coklat hangat. Biasanya anak meminta coklat hangat ketika cuaca dingin atau saat menyantap kue. Bukan hanya di waktu itu saja, Anda juga bisa memberikan coklat hangat pada anak sebelum tidur. Minuman ini bisa menenangkan tubuh sehingga anak lebih mudah terlelap.

Air Mineral Hangat

Jika susu atau teh di rumah sedang habis, Anda bisa memberikan air mineral yang hangat untuk Si Kecil. Berikan dua gelas air hangat agar mereka bisa cepat tertidur. Kandungan mineral di dalam air putih mampu membantu tidur anak menjadi lebih nyenyak.

Teh Hijau Dekafein

Beberapa dari Anda mungkin baru pertama kali mendengar teh hijau dekafein ini. Sesuai namanya, teh ini tidak mengandung kafein yang bisa membuat anak tetap terjaga. Kandungannya adalah asam amino dan tanin yang bisa membuat tidur lebih nyenyak dan mengurangi stress.

Teh Peppermint

Teh dari daun peppermint sudah lama digunakan untuk pengobatan anti mikroba, anti viral, dan juga anti alergi. Banyak yang membuktikan jika teh peppermint mampu mengatasi masalah pencernaan seperti IBS atau Irritable Bowel Syndrome. Selain itu, aroma dan rasanya yang harum membuat teh peppermint bisa meningkatkan kualitas tidur serta mengatasi stres.

Jus Pisang Almond

Jus pisang almond adalah perpaduan antara buah pisang dan juga kacang almond. Manfaat kacang almond sudah dijelaskan sebelumnya. Sementara manfaat pisang yaitu merelaksasikan otot tubuh karena mengandung kalium dan magnesium. Bukan hanya itu saja, jus pisang almond juga mengandung melatonin dan triptophan yang dikenal mampu mengatasi insomnia.

Itulah informasi mengenai delapan jenis minuman yang bisa membantu mengatasi anak susah tidur. Sementara untuk Anda yang bekerja di bidang pediatri dan nutrisi anak, informasi mengenai ilmu terbaru bisa didapatkan di Nutricia Professional. Platform tersebut dibangun untuk para profesional yang ingin mengembangkan pengetahuannya. Beberapa fitur pendukung yang bisa dimanfaatkan yaitu Web Seminar, Event Calendar, Expert’s Podcast, dan E-Module. Website resmi dari Nutricia Professional yang bisa Anda akses yaitu www.nutriciaprofesional.id