Canine parvovirus (CPV atau biasa disebut dengan “parvo”) adalah salah satu virus paling serius yang bisa didapat anjing. Untungnya, ini sangat dapat dicegah dengan vaksinasi yang tepat. Virus parvo pada anjing ini ditemukan pada tahun 1967 dan dengan cepat menjadi ancaman serius bagi kesehatan anjing. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa virus sulit dibunuh, dapat hidup lama di lingkungan, dan ditumpahkan dalam jumlah besar oleh anjing yang terinfeksi.

Virus ini juga sangat menular, itulah sebabnya vaksin parvo dianggap sebagai vaksin inti untuk anak anjing dan anjing dewasa. Meskipun vaksin parvovirus yang sangat efektif telah menurunkan risiko pada anjing yang divaksinasi dengan benar, sayangnya penyakit ini masih banyak terjadi, terutama pada anak anjing dan anjing remaja. Berikut adalah hal-hal mendasar yang perlu Anda ketahui tentang parvo pada anjing, khususnya untuk melindungi anjing Anda darinya.

Apa itu Parvo pada Anjing dan Anak Anjing?

parvo pada anjing

Parvo adalah virus DNA menular yang biasanya menyebabkan penyakit parah pada anjing muda dan tidak divaksinasi. Virus tersebut mempengaruhi sel-sel tubuh yang membelah dengan cepat, yang berarti bahwa saluran usus dan sumsum tulang adalah yang paling terpengaruh. Meskipun parvovirus paling umum pada anak anjing dan anjing remaja, parvovirus dapat menyerang anjing dewasa, terutama jika mereka tidak divaksinasi.

Bagaimana Anjing Mendapatkan Parvo? Apakah Parvo Lintas Udara?

Parvovirus adalah penyakit yang sangat menular yang menyebar dengan cepat dan efisien. Jadi bagaimana sebenarnya penyebarannya? Meskipun canine parvovirus tidak menyebar di udara, ia dapat ditemukan di banyak permukaan di lingkungan.

Parvo pada anjing menyebar melalui kontak dengan kotoran yang terkontaminasi, tetapi Anda tidak akan bisa melihat kotoran padat untuk mengetahui keberadaan virus. Ia dapat hidup di tanah atau di permukaan kandang, di tangan orang, atau di pakaian orang yang telah terkontaminasi. Anjing juga bisa membawanya di bulu atau cakar mereka jika mereka telah bersentuhan dengan tinja yang terkontaminasi.

Parvovirus dapat hidup di luar ruangan selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun, dan tahan terhadap banyak desinfektan. Meskipun virus ini rentan terhadap pemutih yang diencerkan dan beberapa pembersih khusus yang biasa digunakan di rumah sakit hewan.

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi masalah virus ini adalah dengan memberikan asupan makanan bagi anjing dengan gizi yang lengkap. Dan itu semua ada di dalam Royal Canin, makanan untuk hewan kesayangan yang memiliki nutrisi terbaik bagi mereka.