Pada umumnya setiap perhiasan akan mudah rusak dan kusam jika tidak dirawat dengan baik dan benar. Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara merawat perhiasan seperti cincin kawin berlian agar tetap awet walaupun digunakan setiap hari.

Selain agar awet, merawat cincin kawin terbaru dengan baik dan benar juga akan membuat penampilan cincin tetap terlihat mewah dan berkilau. Walaupun terbuat dari logam emas yang terkenal awet, namun nyatanya perhiasan juga membutuhkan perawatan yang benar lho.

Lalu bagaimana cara merawat cincin kawin terbaru agar tetap awet dan berkilau? Untuk mengetahuinya, simak tips berikut ini.

cincin kawin berlian

Lepas Cincin Ketika Melakukan Aktivitas Berat

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk merawat cincin agar tetap awet dan tidak mudah rusak yaitu dengan melepaskan cincin ketika harus melakukan aktivitas berat. Melepas cincin ketika dalam kondisi tersebut sangat penting karena logam mulia memiliki sifat yang mudah tergores. Jika Anda tidak melepas cincin saat harus melakukan aktivitas berat seperti mengangkat beban, maka cincin akan beresiko tergores.

Untuk beberapa logam seperti platinum ataupun palladium memiliki ketahanan yang lebih kuat dan tidak mudah tergores dibandingkan emas. Namun akan lebih baik Anda dapat melepas cincin ketika harus melakukan aktivitas berat untuk menjaga cincin kawin berlian tetap awet dan tidak rusak.

Bersihkan Cincin Secara Berkala

Ketika digunakan setiap hari, tentu cincin akan mudah kotor sebab terkena berbagai debu dan juga berbagai bahan kimia seperti sabun, lotion, maupun shampoo. Terlebih lagi ketika Anda sangat sering beraktivitas dan menyentuh beberapa benda yang menyebabkan cincin mudah kotor. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk membersihkan cincin secara berkala.

Membersihkan cincin secara berkala dapat membuat cincin terlihat tetap berkilau walaupun sudah digunakan selama bertahun-tahun. Anda dapat membersihkan cincin menggunakan cairan tertentu seperti deterjen ataupun sabun. Untuk membuat cincin Anda terlihat seperti baru lagi Anda juga dapat membawa cincin Anda ke toko perhiasan untuk dilakukan pembersihan. Sebab biasanya toko perhiasan memiliki cara dan bahan khusus untuk membersihkan cincin.

Simpan di Tempat Tertutup

Ketika Anda belum akan menggunakan cincin tersebut, Anda harus menyimpannya di tempat tertutup. Sediakan tempat khusus untuk penyimpanan cincin. Dan simpan cincin secara rapi agar tidak terkena goresan dan juga gesekan.

Menyimpan cincin di tempat yang tertutup juga membuat cincin akan lebih awet dan tahan lama sebab cincin kawin Anda tidak mudah terkena debu maupun udara yang membuat kilaunya menjadi hilang dan mudah berubah warna.

Jauhkan dari Bahan Kimia

Walaupun cincin yang Anda gunakan terbuat dari logam mulia dengan ketahanan kuat seperti emas ataupun platinum, namun ada baiknya Anda tetap menjauhkan cincin kawin Anda dari paparan bahan kimia.

Misalkan saja ketika Anda harus membersihkan rumah menggunakan cairan pembersih yang mengandung bahan kimia, maka ada baiknya Anda melepas dan menyimpan terlebih dahulu cincin tersebut. Hal itu karena bahan kimia dapat membuat cincin dan juga perhiasan lain mudah rusak secara perlahan. Maka dari itu, untuk membuat cincin tetap berkilau dan tidak mudah pudar pastikan Anda melepas cincin Anda ketika harus bersentuhan dengan bahan kimia.

Itulah beberapa tips cara merawat cincin agar lebih awet dan tidak mudah rusak. Selain hal itu, Anda juga dapat memilih cincin kawin berlian dengan bahan yang terkenal awet, berkualitas, dan tentu memancarkan kemewahan di Mondial Jeweler. Dengan melakukan tips tersebut, tentunya cincin Anda ataupun perhiasan lainnya akan lebih awet dan tetap berkilau walaupun sudah bertahun-tahun.