Bisnis online sepertinya menjadi salah satu pilihan dalam menjalankan sebuah usaha. Jika kamu tertarik untuk memulainya maka kamu memilih pilihan yang benar. Karena kali ini GoShopkey akan memberikan beberapa tips mengenai cara bisnis online dari nol. Seperti yang kamu ketahui, jenis bisnis ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Terlihat mudah dan juga instan, tapi tentunya membutuhkan fokus dan usaha yang tidak sedikit. Bagi kamu yang ingin menjalankan bisnis ini, berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan :

Cara memulai bisnis online 

Tentukan jenis bisnis yang ingin dijalankan 

Langkah awal yang penting untuk kamu lakukan yaitu dengan menentukan bisnis apa yang akan kamu jalankan. Seperti makanan, pakaian, atau barang elektronik. Tentunya dengan mengetahui produk yang ingin dijual, kamu akan dengan mudah untuk menentukan langkah-langkah selanjutnya. 

Menyusun business plan sederhana 

Langkah berikutnya merupakan hal yang tidak kalah penting, yaitu dengan membuat rencana bisnis. Sederhananya business plan atau rencana bisnis merupakan rencana atau bagian yang harus kamu lakukan agar bisa mencapai tujuan bisnismu. Biasanya terdapat beberapa faktor yang akan kamu rencanakan seperti, 

Cara Bisnis Online

Deskripsi bisnis 

Deskripsi yang lebih mendalam mengenai bisnis online yang ingin kamu jalankan. Dengan adanya deskripsi, maka bisnis online yang akan kamu lakukan sudah tersusun dengan jelas. 

Analisis pasar 

Informasi berbasis penelitian tentang industri dan target pasar seperti, produk serupa bahkan pelanggan yang ingin kamu targetkan. 

Produk dan layanan 

Deskripsi mengenai produk yang ingin kamu jual. Mulai dari bentuk, ukuran, hingga harga. Deskripsi ini perlu kejelasan mengenai produk yang akan kamu jual.

Rencana pemasaran 

Strategi promosi untuk memperkenalkan bisnis dan produk mu. Hal ini bisa seperti menggunakan media sosial, endorsement, dan sebagainya. 

Logistik dan rencana operasi 

Kebutuhan produksi, pemilihan vendor atau supplier yang cocok, dan rencana aktivitas bisnis menjadi hal yang perlu kamu lakukan. 

Rencana keuangan 

Rincian angka untuk menunjukkan apa yang kamu butuhkan untuk memulai serta menjalankan bisnis. Mulai dari cara mendapatkan modal, biaya produksi, hingga biaya pengiriman barang ke konsumen.