Bayi berusia di bawah 12 bulan atau yang masih memakai popok secara intens rentan terkena ruam popok. Sesuai namanya, ruam popok pada bayi adalah masalah peradangan yang disebabkan oleh kesalahan memakai popok. Memang termasuk masalah yang umum, namun Anda harus segera mengatasinya agar Si Kecil tidak rewel lagi.

Penyebab Ruam Popok

Berikut ini adalah penyebab ruam popok yang perlu Anda ketahui:

1. Popok yang Lembab

Kelembaban di dalam popok menjadi salah satu penyebab terjadinya ruam. Ketika popok lembab dan sirkulasi kurang, maka kulit akan lebih mudah iritasi. Apalagi jika terlalu lama kontak dengan urine dan tinja.

2. Popok yang Ketat dan Kecil

Ukuran popok yang ketat dan kekecilan perlu Anda perhatikan. Popok yang ketat membuat kulit sering bergesekan dengan popok yang lembab. Sehingga mengakibatkan radang kulit dan iritasi.

3. Iritasi Produk Kebersihan Bayi

Anda boleh menggunakan produk kebersihan bayi, namun pastikan memperhatikan kandungan di dalamnya. Ada beberapa kandungan yang memicu iritasi seperti alkohol dan pewangi.

4. Infeksi Bakteri dan Jamur

Saat popok jarang diganti, maka urine dan tinja dapat menjadi tempat berkembangnya bakteri serta jamur. Bakteri dan jamur akan semakin berkembang sehingga menyebabkan ruam dan iritasi.

5. Kulit Sensitif

Penyebab ruam popok yang terakhir adalah kulit sensitif pada bayi. Semua bayi memang masih memiliki kulit yang sensitif, namun ada beberapa bayi yang kulitnya lebih sensitif. Kulit sensitif rentan terhadap ruam sehingga membutuhkan perawatan ekstra. 

Cara Merawat Ruam Popok Pada Bayi

Sebagian besar ruam popok bisa sembuh meskipun tidak mendapatkan penanganan dari dokter. Namun Anda harus melakukan beberapa hal sederhana untuk mengatasi dan merawatnya. Langsung saja, berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan:

  • Kurangi penggunaan air hangat karena dapat memperlambat proses penyembuhan.
  • Ganti popok secara rutin setiap 3-4 jam.
  • Pastikan bokong Si Kecil kering sebelum memakai popok kembali.
  • Gunakan krim atau pelembab khusus diapers rash atau ruam.
  • Gunakan popok sesuai ukuran bayi.

Nah, itulah informasi mengenai penyebab dan cara merawat ruam popok pada bayi. Perawatan yang tepat bisa membuat ruam reda dengan cepat pula. Jangan lupa memilih produk popok anti ruam seperti MAKUKU SAP Diapers. Struktur inti SAP (Super Absorbent Polymer), struktur 3D, dan permukaan rongga udara membuat Si Kecil terbebas dari ruam.