Dalam membeli perhiasan berlian kita harus lebih berhati-hati dan waspada, sebab sudah banyak kasus penipuan yang terjadi. Oleh karena itu, penting tahu bagaimana kriteria perhiasan berlian berkualitas. Apalagi saat ini sudah banyak oknum yang pintar dalam memanipulasi penipuan terhadap perhiasan berlian yang ditawar dan dijualnya. 

Maka dari itu, untuk mencegah diri dari hal-hal yang tidak diinginkan, Anda harus lebih bijak saat memutuskan untuk membeli perhiasan berlian. Paling tidak dengan mengetahui kriteria-kriteria kualitas berlian, Anda bisa meminimalisir dari risiko penipuan. Mau tahu apa dan bagaimana kriterianya? Langsung saja simak penjelasan di artikel ini, ya!

Bagaimana Kriteria Perhiasan Berlian berkualitas?

Perhiasan berlian yang kualitasnya terjamin akan terbukti dengan memenuhi aspek kriteria. Adapun kriteria yang dimaksud didalamnya, adalah sebagai berikut:

  • Terjamin keaslian batu berlian dengan test pengujian
  • Memiliki bukti sertifikasi resmi, semisalnya sertifikat GIA atau kepanjangannya Gemological Institute of America, yakni lembaga khusus yang melakukan penelitian terhadap batu berlian dan batu permata lainnya
  • Berlian yang berkualitas memenuhi standar 4 C, yakni Clarity, Color, Carat, dan Cutting yang bagus

Jika salah satu aspek dari kriteria tersebut tidak terpenuhi, maka patut untuk mempertanyakan kualitas sebenarnya dari perhiasan berlian tersebut.

Lalu, Sebetulnya Apa Itu 4C?

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, 4C adalah singkatan dari kata Clarity, Color, Carat dan Cutting. Keempat aspek ini dapat dipenuhi oleh perhiasan berlian berkualitas tinggi. Adapun penjelasan lebihnya mengenai 4C adalah sebagai berikut:

1. Clarity –  Kejernihan

Kejernihan pada batu berlian menandakan seberapa kualitasnya batu berlian tersebut. Cacat atau noda pada batu berlian dapat mempengaruhi tingkat kejernihan. Cacat yang dimaksud mencakup pada goresan, titik, atau gelembung.

Semakin besar cacat yang dimiliki oleh batu berlian, semakin berkurang atau murah harganya. Selain itu, titik posisi cacat juga mempengaruhi grade berlian. Menurutkan standar GIA, terdapat 4 golongan kejernihan, yakni Flawless, Internally Flawless, Very Very Slightly Included, Very Slightly Included, dan terendah nya Included.

2. Carat – Karat/Berat

Parameter kualitas berlian ialah Carat, di mana satu karatnya sebanding dengan satuan 0,2 gram. Perlu diingat, karat berlian berbeda dengan karat emas. Ukuran karat dapat menunjukkan kemurniannya. Semakin besar berlian, semakin tinggi nilai karat dan semakin mahal harganya.

3. Cut – Potongan

Potongan berlian sangat menentukan keindahannya. Tepatnya, pemotongan ini menentukan pantulan cahaya dan kilauan batu berlian. Potongan yang tepat mampu menghasilkan patulan yang cemerlang atau kilau, meskipun warna atau kejernihan batunya tidak bagus. Sebaliknya pemotongan yang buruk membuat batu tidak dapat berkilau, sekalipun kejernihan dan warnanya bagus.

4. Color – Warna

Color alias warna pada batu berlian menjadi faktor utama yang perlu diperhatikan saat memilihnya. Berlian jernih tanpa jejak warna lain digolongkan sebagai berlian langka dan harganya mahal.

GIA sendiri membagi skala warna berlian dari D hingga Z. Tingkat warna tertinggi dengan jejak warna sedikit digolongkan pada skala D, sebaliknya tingkat warna paling rendah dan jejak warna banyak digolongkan skala Z.

Dapatkan Perhiasan Berlian yang Berkualitas di Mondial

Nah setelah memahami aspek dan kriteria penentu berlian berkualitas, tentunya Anda harus bijak dalam membeli perhiasan. Mondial sendiri menghadirkan solusi terpercaya bagi Anda yang mencari perhiasan berlian berkualitas.

Berat karat koleksi berlian yang dihadirkannya rata-rata 18 karat dengan model desain yang sangat bervariatif. Bukan hanya itu saja, berliannya juga berkualitas dan terjamin dengan sertifikasi secara internasional. Penasaran? Anda bisa intip koleksinya di situs Mondial, ya.