Dunia otomotif belakangan ini dihebohkan dengan keberadaan motor listrik yang menawarkan banyak sekali variannya. Jika Anda sudah memiliki ketertarikan terhadap motor yang satu ini, maka simak dulu berbagai ulasan penting di bawah ini. 

Apa Itu Motor Listrik

Melihat dari definisinya, motor listrik merupakan salah satu kendaraan yang mengandalkan tenaga listrik, sebagai sumber penggeraknya. Mereka menciptakan terobosan terbaru dalam dunia otomotif, dengan menggantikan mesin pembakaran internal dengan keberadaan baterai pada motor, untuk menggerakan rodanya. 

Apa Saja Kelebihan Motor yang Satu Ini? 

Dibanding dengan motor konvensional, motor yang mengandalkan tenaga listrik ini menawarkan berbagai kelebihannya sebagai berikut: 

  • Kendaraan yang lebih ramah lingkungan, karena tidak mengeluarkan emisi gas buang selama digunakan. 
  • Biaya operasional berkendara yang jauh lebih rendah, mengingat biaya pengisian ulang listrik pada baterai, akan terhitung lebih murah bila dibandingkan dengan membeli bahan bakar. 
  • Menawarkan kinerja yang lebih baik, dengan dilengkapi torsi yang lebih tinggi serta kemampuan akselerasi mesin yang lebih cepat bila dibandingkan dengan motor konvensional. 
  • Pemeliharaan motor yang jauh lebih mudah, karena motor bertenaga listrik ini umumnya akan memiliki lebih sedikit komponen yang bergerak, serta tidak memerlukan pemeliharaan yang rutin seperti halnya pada motor konvensional. 

Bagaimana Cara Memilihnya yang Tepat? 

Berbeda dengan saat Anda akan membeli motor konvensional, memilih motor bertenaga listrik ini memerlukan beberapa pertimbangan khusus. Seperti diantaranya adalah sebagai berikut: 

  • Ketahui Kemampuan Jarak Tempuhnya

Pertama, penting untuk Anda mengetahui terlebih dulu tentang kemampuan jarak tempuh yang bisa dicapai oleh motor bertenaga listrik ini, dalam sekali melakukan pengisian daya. Setidaknya ini bisa memberikan gambaran kepada Anda, tentang sejauh mana motor tersebut bisa menemani perjalanan Anda. 

  • Pertimbangan Kecepatan Maksimum

Setiap motor yang mengandalkan tenaga listrik ini, tentunya akan menawarkan berbagai kecepatan maksimum yang berbeda-beda. Untuk itu carilah motor yang menawarkan kecepatan maksimum, yang bisa sesuai dengan kebutuhan Anda saat berkendara. Akan menjadi nilai tambah bila ada motor listrik, yang bisa menawarkan opsi mode kecepatan maksimum, saat berkendara. 

  • Kecepatan Pengisian Baterai

Agar bisa diandalkan setiap saat, carilah motor yang menawarkan kemampuan pengisian ulang baterai yang terhitung lebih cepat. Penting juga untuk mengetahui jenis baterai yang digunakan, sebab itu akan juga mempengaruhi tingkat keawetan penggunaan baterai selama digunakan. 

Motor Listrik Terbaik dari ALVA ONE

Tidak usah bingung lagi dalam mencari motor listrik terbaik yang bisa Anda andalkan setiap saat. Anda bisa memilih motor bertenaga listrik dari ALVA ONE, yang menawarkan banyak sekali kelebihannya untuk para pemakainya. 

Adapun berbagai kelebihan yang ditawarkannya, diantaranya adalah sebagai berikut: 

  • Menawarkan kecepatan maksimum hingga 90 km/jam, yang belum banyak diadaptasi oleh para kompetitornya. 
  • Kapasitas baterai yang bisa diandalkan, dengan terbuat dari baterai Li-ion berkapasitas sebesar 60V – 45 Ah (2,7 kWh), sudah dirasa lebih cukup untuk menemani perjalanan Anda sehari-hari. 
  • Mendukung waktu pengisian daya baterai yang cepat, dari angka 0 sampai full hanya membutuhkan waktu pengisian baterainya selama 4 jam saja.
  • Dukungan aplikasi canggih dari My ALVA yang bisa diunduh secara gratis lewat playstore ataupun Appstore. Di dalam aplikasi tersebut, memungkinkan Anda bisa mengoperasikan mesin motor dengan mengandalkan aplikasi saja.  

Setelah mengetahui berbagai hal penting yang harus Anda ketahui tentang motor listrik diatas, semoga bisa membantu Anda memulai perjalanan yang lebih baik dengan kendaraan dari masa depan ini.