Memiliki kulit dengan berbagai macam gangguan kesehatan tentunya akan mengurangi rasa percaya diri kita Khususnya ketika berinteraksi dengan orang lain. Salah satu permasalahan yang sering dialami oleh semua orang adalah kulit kusam.

Ada beberapa penyebab yang bisa menjadi alasan kenapa seseorang memiliki kulit yang kusam dan tidak terlambat diantaranya adalah faktor genetik atau keturunan. Seseorang yang memiliki kulit kusam dan berminyak mungkin diturunkan oleh kedua orang tuanya.

Apabila kedua orang tuanya memiliki kulit yang kusam dan berminyak maka kemungkinan besar akan bisa diturunkan kepada anak-anaknya. faktor selanjutnya Mengapa seseorang memiliki kulit yang kusam adalah pola hidup yang tidak sehat. Seseorang yang memiliki pola hidup yang tidak sehat seperti kurang memperhatikan kebersihan di sekitar serta cara merawat wajah dan kulit tubuh akan beresiko memiliki kulit yang kusam dan mudah keriput.

Selain pola hidup yang tidak sehat pola makan yang tidak teratur dan kurang memperhatikan asupan makanan yang mengandung gizi juga menjadi salah satu faktor Kenapa seseorang memiliki kulit yang kusam berminyak dan tidak terawat. Penyebab selanjutnya adalah faktor lingkungan. lingkungan yang kotor dan kumuh serta tidak bersih akan menyebabkan udara di sekitar jadi terkontaminasi baik itu oleh debu maupun kotoran-kotoran yang.

Kotoran Kotoran tersebut akan mudah menempel pada kulit wajah dan kulit tubuh kita. Apabila kita kurang memperhatikan kebersihan dan cara melakukan perawatan kulit tubuh serta kulit wajah maka kita akan memiliki permukaan kulit yang kasar, kusam dan cepat keriput.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar kita memiliki kulit wajah yang terawat, bersih dan terhindar dari berbagai macam masalah kulit. Solusi yang bisa kita  untuk menyelesaikan seluruh permasalahan tersebut Salah satunya adalah menjaga kebersihan kulit wajah dan kulit tubuh kita.

Segala macam masalah yang ada pada kulit kita biasanya berawal dari kondisi kulit wajah dan kulit tubuh kita yang kurang terawat dan tidak terjaga kebersihannya. Saat kita lebih menjaga kebersihan kulit wajah dan kulit tubuh maka kita akan mudah terserang berbagai macam permasalahan kulit.