Saking banyaknya produk kecantikan membuat kita mudah terkecoh karena tidak bisa dipungkiri banyak produk kosmetik yang beredar dipasaran mengandung bahan kimia yang berbahaya.

Hal ini tentunya sangat merugikan kita sebagai konsumennya, karena bisa menyebabkan iritasi bahkan efek berhaya lainnya. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya anda harus lebih selektif dalam memilih produk kecantikan yang berkualitas.

Berikut ada beberapa tips mudah memilih produk aman dan berkualitas, diantaranya:

1. Terdapat kode legal dari badan pemerintah

Perhatikan dalam kemasan apakah terdapat kode legal dari Badan Pengelola Obat dan Makanan dari Departemen Kesehatan Pemerintah Indonesia. Badan tersebut menguji keamanan bahan yang digunakan untuk pembuatan kosmetik, jika sudah terdapat nomor legal berarti produk tersebut aman untuk digunakan.

2.Tercantum nama dan alamat produsen

Produsen yang terpercaya pasti mencantumkan identitas remi mereka seperti nama dan alamat yang bisa dituju. Hal ini merupakan bentuk pertanggungjawaban mereka terhadap produk yang mereka pasarkan. Dengan begitu kita sebagai konsumen mudah menghubungi jika suatu saal ada keluhan dan sebagainya.

3. Tercantum tanggal kadaluarsa

Pastikan produk kecantikan yang anda pilih memiliki tanggal kadaluarsanya. Hal ini sangat penting karena produk yang tidak tercantumyanggal kadaluarsa ditakutkan mengandung bahan berbahaya yang dapat menimbulkan efek berbahay bagi kulit anda.

4. Komposisi bahan

Sangat penting bagi kita sebagai konsumen untuk mengetahui jenis kandungan bahan kecantikan. Hal ini untuk menghindari anda dari bahan-bahan berbahaya seperti merkuri, asam sulfat dan lain sebagainya.

perhatikan komposisi bahan yang dicantumkan apakah terdapat zat-zat hewani yang berasal dari hewan haran seperti kolagen, elastin dan sebagainya.

5.Perhatikan tekstur

Terakhir anda harus mengenali kandungan produk kecantikan dari bau, tekture dan juga warna. Hindari produk yang cenderung berbau busuk atau wanginya terlalu menyengat. Selain itu juga hindari produk yang memiliki tampilan warna yang mencolok dan tidak terlihat alami.

Itulah beberapa tips memilih kosmetik yang aman dan berkualitas. Solusinya kita harus lebih waspada dan jeli dalam memilih produk.

Pilihlah yang mengandung bahan alami agar memberikan hasil yang baik dan membuat kulit cantik alami.