Anting emas berdesain simple merupakan jenis perhiasan yang sering dipakai untuk aktivitas sehari-hari. Sama seperti perhiasan lainnya, anting emas simple juga bisa berkurang keindahannya jika dipakai setiap hari. Debu, polusi, dan kotoran bisa membuat permukaan anting menjadi kusam. Tenang saja, Anda bisa mengembalikan keindahan anting dengan cara mencucinya. 

Namun karena anting emas termasuk barang berharga, Anda tidak boleh sembarangan mencucinya. Pastikan mengetahui cara yang tepat agar anting tidak rusak. Berikut ini merupakan panduan mencuci anting emas yang bisa Anda ikuti:

anting emas simple

Gunakan Sabun Cuci Piring

Jika tidak memiliki cairan khusus untuk mencuci anting emas atau perhiasan emas, Anda bisa memakai sabun cuci piring. Berbeda dengan pembersih lainnya, sabun cuci piring tidak mengandung bahan kimia yang bersifat abrasif. Jadi aman dipakai untuk mencuci anting emas Anda.

Caranya yaitu campurkan air hangat suam kuku dengan sabun cuci piring. Setelah itu, masukkan anting dan rendam selama kurang lebih 20 menit. Bersihkan menggunakan sikat gigi yang lembut untuk menjangkau bagian yang sulit. Sikat secara lembut saja untuk meminimalisir potensi kerusakan. 

Membersihkan Anting Emas dengan Berlian

Membersihkan anting emas simple tanpa batu permata lebih mudah dibandingkan anting emas dengan hiasan berlian atau batu lainnya. Anda harus berhati-hati agar berlian tidak rusak. Pastikan bagian prongs dibersihkan dengan baik. Pasalnya biasanya di bagian itulah banyak kotoran yang menempel. 

Gunakan Kain Lembut

Setelah dicuci, anting emas harus dikeringkan sebelum dipakai atau disimpan kembali. Gunakan kain berbahan lembut untuk mengeringkannya. Contoh bahan yang paling sering dipakai adalah katun. Selain itu, Anda juga bisa memakai kain bebas serat agar tidak merusak anting. 

Jangan Gunakan Cairan yang Bersifat Abrasif

Pastikan tidak memakai cairan bersifat abrasif atau mengandung bahan kimia keras untuk mencuci anting emas. Pemutih dan pasta gigi merupakan dua cairan yang tidak boleh dipakai. Pasalnya keduanya memiliki kandungan chlorine yang bersifat abrasif tinggi.

Selain itu, bahan yang tidak boleh dipakai yaitu acetone, baking soda, hand sanitizer, dan deterjen bubuk. Hanya gunakan sabun cuci piring jika Anda tidak memiliki cairan khusus untuk mencuci emas.

Cara Mencuci Anting dengan Warna Emas Berbeda

Anting emas simple hadir dengan warna yang cukup beragam. Mulai dari rose gold, white gold, dan yellow gold. Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mencuci logam-logam tersebut, sama atau tidak. Jawabannya adalah sama. Jadi Anda bisa memakai cara yang sama untuk mencuci berbagai warna emas. 

Hindari Benda Tajam

Model anting yang rumit lebih sulit dibersihkan dibandingkan model anting yang simple. Untuk menjangkau daerah yang sulit terjangkau, beberapa orang bahkan memakai benda tajam seperti jarum untuk mengoreknya. Meskipun hasilnya lebih cepat, namun cara tersebut sangat berisiko. Potensi kerusakan bisa berupa goresan, prongs yang menjadi longgar, berlian mudah terlepas, dan lain sebagainya.

Lakukan Secara Rutin

Langkah terakhir yang wajib Anda lakukan adalah mencuci anting emas secara rutin. Sudah wajar jika semakin sering dipakai maka semakin sering pula anting kotor lagi. Jadi selalu bersihkan secara rutin agar anting tetap indah dan berkilau.

Panduan mencuci anting emas simple di atas bisa menjaga anting Anda tetap indah dan berkilau. Ingin menambah koleksi anting terbaru? Mondial Jeweler menawarkan banyak anting simple berhiaskan batu berlian. Bukan hanya itu saja, ada juga anting dengan hiasan batu lain seperti ruby, emerald, dan sapphire. Semua koleksi anting simple dari Mondial Jeweler bisa Anda temukan di website resminya.